investasi: Menang lotre, mendapat warisan tak terduga? Jangan lakukan 6 hal ini jika Anda datang dengan banyak uang

June 14, 2021 0 Comments

Ketika Sushil Kumar menjadi kontestan pertama yang memenangkan Rs 5 crore di Kaun Banega Crorepati pada tahun 2011, dia pikir hidupnya akan berubah menjadi lebih baik. Namun, pada 2016, ia telah kehilangan semua uangnya. Investasi yang tidak dipikirkan dengan matang, sumbangan besar untuk amal, dan pengeluaran yang sembrono, pinjaman dan kecanduan membuat uangnya terkikis dalam waktu hampir lima tahun.

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, memenangkan lotre, mendapatkan warisan yang besar dan tidak terduga, atau paket kompensasi yang menggiurkan mungkin tampak seperti manna dari surga, tetapi mungkin akan sia-sia jika Anda tidak berhati-hati dalam mengelola kekayaan Anda. Di mana Anda mulai? Investasikan, bayar hutang Anda atau hanya memenuhi semua impian seumur hidup Anda?

1. Waspadalah terhadap jebakan, sewalah penasihat keuangan

“Sebagai langkah pertama, Anda harus memarkir uang dalam dana cair dan meluangkan waktu untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dengannya,” kata Mrin Agarwal, Pendiri & Direktur, Finsafe India. Satu, itu akan mencegah Anda membelanjakan sesuka hati seperti jika Anda menyimpannya di rekening bank, dan dua, itu akan menghasilkan bunga saat Anda memutuskan.

Jangan berlebihan: Salah satu risiko terbesar bagi korpus adalah perasaan bahwa itu akan bertahan selamanya dan pemborosan yang dihasilkan darinya. Banyak selebritis yang kehilangan kekayaannya karena belanja barang mewah yang tak ada habisnya, bepergian, menyerah pada kecanduan, baik itu minum atau berjudi, atau memenuhi impian yang telah lama diidamkan. “Jangan tingkatkan gaya hidup Anda secara signifikan dengan berlebihan dengan pengeluaran Anda, tetapi tingkatkan secara bertahap,” kata Dinesh Rohira, Pendiri & CEO, 5nance.com.

Jangan berinvestasi, meminjamkan, menyumbang secara membabi buta: Mungkin ide yang baik untuk tidak mengumumkan keberuntungan Anda kepada dunia. Anda tidak hanya akan dibanjiri dengan ide-ide investasi dan produk keuangan, tetapi juga oleh penjual yang salah, penipu, dan orang-orang yang mencari amal. “Orang-orang yang dermawan seperti Bill Gates dan Azim Premji memiliki cukup uang untuk menopang hidup mereka dan mampu memberikan amal. Anda tidak boleh membagikannya sampai Anda mengamankan keuangan Anda sendiri, ”kata Rohira. Juga, jangan mengambil produk keuangan pertama yang disarankan oleh manajer hubungan atau broker Anda. Investasi harus dilakukan sesuai dengan usia, tujuan, dan profil risiko Anda.

Catat kekayaan yang ada: Pilihan terbaik adalah memarkir uang Anda dalam dana cair dan berkonsultasi dengan penasihat keuangan yang baik. Dengan bantuannya, catat kekayaan Anda yang ada dan uraikan semua tujuan untuk diri Anda dan keluarga Anda. Setelah Anda memiliki gagasan yang jelas tentang berapa banyak yang Anda miliki dan apa yang Anda inginkan, perencana akan membantu Anda membuat peta jalan untuk mencapainya.

Dampak pajak: Pertimbangkan juga implikasi pajak yang menyertai hadiah tersebut. Jika Anda telah memenangkan lotre, Anda akan dikenakan pajak sebesar 30%, tetapi warisan di sisi lain, tidak menarik pajak apa pun. Demikian pula, kompensasi besar dalam pekerjaan baru dapat mengubah braket pajak Anda dan Anda perlu berbicara dengan penasihat Anda tentang cara merestrukturisasi atau membuatnya lebih hemat pajak.

2. Amankan risiko Anda

Di masa Covid, di mana kesehatan, kehidupan, dan keluarga Anda berisiko tinggi, ada baiknya untuk mengamankannya dengan kekayaan baru Anda. Beli asuransi kesehatan dan jiwa yang memadai, dan bangun korpus darurat. Meskipun Anda mungkin menganggap Anda tidak memerlukan ini karena korpus besar di tangan, uang itu mungkin tidak selalu ada, dan mengalokasikan sebagian untuk menutupi risiko akan memastikan Anda mengamankan investasi masa depan Anda juga. Miliki setidaknya Rs 20-30 lakh asuransi kesehatan, asuransi jiwa yang 10 kali gaji kotor tahunan Anda dan mencakup semua pinjaman Anda, dan corpus kontingensi yang setidaknya senilai biaya satu tahun.

3. Lunasi hutang Anda

“Anda harus mengalokasikan dana Anda ke tiga ember: membayar hutang, menabung dan membelanjakan. Menyingkirkan pinjaman harus menjadi prioritas utama,” kata Agarwal.

Yang terbaik adalah pertama-tama menyingkirkan pinjaman paling mahal seperti kartu kredit dan pinjaman pribadi, di mana Anda membayar bunga tahunan yang tinggi sebesar 15-40% dan tidak memperoleh manfaat pajak apa pun. Pada dasarnya, jika Anda membayar bunga pinjaman yang lebih tinggi daripada pengembalian investasi terbaik Anda, pertimbangkan untuk segera melunasinya. Ini harus diikuti dengan pinjaman yang diambil untuk aset yang terdepresiasi seperti mobil. Adapun pinjaman hemat pajak seperti pendidikan dan pinjaman rumah, Anda bahkan mungkin tidak segera melunasinya. Dalam hal pinjaman pendidikan, seluruh komponen bunga dapat dikurangkan dari pajak berdasarkan Bagian 80E, sedangkan untuk pinjaman rumah Anda mendapatkan potongan hingga Rs 2 lakh untuk bunga dan hingga Rs 1,5 lakh untuk pokok. “Apa yang dapat Anda lakukan adalah mengalokasikan jumlah yang setara dengan pinjaman dan menyisihkannya. Jika Anda mengalami masa-masa sulit, Anda akan memiliki penyangga untuk membayarnya kembali, ”kata Rohira.

4. Berinvestasi sesuai dengan tujuan

Terakhir, ingatlah bahwa tidak ada bonus, lotre, atau warisan yang dapat bertahan jika Anda terus membelanjakan tanpa membuatnya bertambah. Jadi, berinvestasilah dengan bijak dalam instrumen yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda dengan bantuan penasihat keuangan. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mendidik diri sendiri tentang investasi.

Apa yang tidak dilakukan…

1. Jangan terburu-buru mengambil keputusan keuangan: Banyak uang dapat membawa ke permukaan semua impian terpendam seumur hidup. Namun, membelanjakan mobil mewah, rumah, dan liburan juga merupakan cara tercepat untuk kehilangan uang, seperti halnya berinvestasi pada produk yang salah. Pilihan terbaik adalah meluangkan waktu Anda, berkonsultasi dengan seorang profesional dan membuatnya tumbuh dengan cara yang menopang Anda seumur hidup.

2. Pertimbangkan implikasi pajak: Bergantung pada sumber rejeki nomplok, Anda mungkin dikenakan pajak atau tidak, jadi tanyakan kepada akuntan sewaan atau ahli pajak. Misalnya, meskipun warisan tidak dikenakan pajak, jika Anda menjual properti warisan, atau memperoleh penghasilan, Anda harus membayar pajak.

3. Jangan menawarkan terlalu banyak amal: Dengan korpus besar di tangan, Anda mungkin merasa murah hati atau bersyukur, dan ingin menawarkan bantuan kepada organisasi yang kurang beruntung atau amal. Kendalikan naluri sampai Anda menyelesaikan urusan keuangan Anda sendiri dan telah mengamankan tujuan dan risiko Anda dan keluarga Anda.

4. Jangan berinvestasi dengan keluarga/teman: Rejeki nomplok akan menumbuhkan simpati yang tak ada habisnya, termasuk keluarga dan teman, dengan saran dan pilihan tanpa akhir tentang tempat untuk menghabiskan atau menginvestasikannya. Berinvestasi atau memulai bisnis dengan teman atau saudara kandung dapat membuat Anda kehilangan uang dan hubungan.

5. Jangan berhenti dari pekerjaan Anda atau pensiun dini: Mungkin terasa seperti uang itu akan bertahan selamanya, tetapi tidak akan ada kecuali Anda mengambil langkah-langkah untuk membuatnya tumbuh. Bahkan jika Anda berinvestasi dengan bijak, jangan bergantung pada rejeki nomplok untuk membiayai Anda selamanya. Lanjutkan pekerjaan Anda dan jangan merencanakan pensiun dini sampai tujuan Anda tercapai.

6. Jangan simpan uang sebagai uang tunai selamanya: Meskipun sebaiknya menunggu sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi, jangan menunggu selamanya. Menyimpan uang di bank mungkin merupakan cara tercepat untuk menghilangkannya karena Anda akan membelanjakannya sesuka hati. Inflasi gaya hidup dan kepuasan diri pasti akan membuat Anda berlebihan dengan pengeluaran.

Promo seputar Data SGP 2020 – 2021. Permainan mantap lainnya tampak diperhatikan secara terencana lewat iklan yang kami sisipkan di laman itu, lalu juga bisa dichat pada layanan LiveChat pendukung kami yg ada 24 jam On-line buat meladeni semua kepentingan antara player. Mari langsung gabung, dan dapatkan diskon Lotre serta Kasino On-line terhebat yg ada di website kita.