Afrika Selatan: Auditor Jenderal Menolak Permintaan untuk Menyelidiki Hibah Lotere Tidak Beraturan

August 23, 2021 0 Comments

Organisasi Cape minstrel membutuhkan audit, kata mantan anggota parlemen

  • Pada bulan Januari seorang anggota parlemen, Michael Waters, menulis kepada Auditor Jenderal meminta audit semua hibah oleh Komisi Lotere Nasional (NLC) ke organisasi penyanyi Cape Town.
  • Ini mengikuti pelaporan berkelanjutan oleh GroundUp yang mengungkap ketidakberesan yang jelas dengan hibah ini.
  • Auditor Jenderal telah menolak permintaan tersebut.

Auditor Jenderal telah menolak permintaan resmi untuk mengaudit hibah Lotere yang berjumlah puluhan juta rand yang diberikan kepada organisasi penyanyi yang berbasis di Cape Town.

Asosiasi Karnaval Cape Town Minstrel (CTMCA) telah menerima lebih dari R63,5 juta dalam bentuk hibah dari National Lotteries Commission (NLC).

Penolakan Auditor Jenderal untuk mengaudit NLC datang dengan latar belakang pelaporan berkelanjutan yang mengungkap penipuan, korupsi, dan nepotisme yang melibatkan hibah Lotre.

NLC juga secara teratur mengklaim telah menerima audit bersih sejak tahun keuangan 2015/16. Tetapi kami melaporkan tahun lalu bahwa ini tidak benar, dan bahwa NLC menerima audit yang memenuhi syarat pada tahun keuangan 2017/18.

Pertanyaan juga telah diajukan tentang mengapa penyalahgunaan dan korupsi yang melibatkan uang Lotre belum diambil oleh AG selama audit NLC.

Pertanyaan telah diajukan tentang bagaimana uang yang diberikan kepada penyanyi dibelanjakan. Ini termasuk bukti bahwa jutaan hibah Lotre digunakan oleh ANC di Western Cape menjelang Pemilihan Umum 2014 untuk, antara lain, menarik suara “berwarna”.

Kami selanjutnya melaporkan bagaimana hibah Lotere R13 juta diberikan untuk mengembangkan “Museum Warisan Karnaval”, yang tujuh tahun kemudian tidak beroperasi.

Michael Waters menulis kepada Auditor-Jenderal pada bulan Januari (saat dia masih anggota Parlemen), meminta audit forensik dari semua hibah NLC ke CTMCA. Dia adalah anggota parlemen untuk DA pada saat itu.

Dalam surat emailnya, Waters mengatakan kepada Auditor Jenderal Tsakani Maluleke bahwa dia prihatin dengan penyalahgunaan dalam pengeluaran hibah NLC ini. Dia juga memberikan salinan jawaban tertulis dari NLC untuk pertanyaan parlementer tertulis sebagai latar belakang pengaduannya.

Waters berkata: “Seperti yang dapat Anda simpulkan dari jawaban yang ambigu, NLC memiliki sedikit pengetahuan tentang apakah sejumlah besar uang yang diberikan kepada Asosiasi Karnaval Cape Town Minstrel memang digunakan untuk apa yang dimaksudkan untuk digunakan. Saya prihatin bahwa telah terjadi penyalahgunaan dalam pengeluaran hibah dan dengan demikian secara resmi meminta kantor Anda untuk melakukan audit forensik atas semua hibah yang dikeluarkan untuk Asosiasi Karnaval Cape Town Minstrel oleh NLC.”